Share : Cara Survive di Negri Orang

Wahai umat manusia yang berencana/akan hidup di negri orang, mungkin karena sekolah, atau karena kerjaan, jauh dari habitat asli kita. Don't worry my friends, saya akan membagikan beberapa tips supaya kalian bisa survive.  Please find the attachment below #halah, kebanyakan mikir email :v
To the point wae, monggo disimak tips2nya ..

1. Uang + Persiapan


Tips ini hanya berlaku sebelum kita berangkat ke negara tujuan. Tidak bisa tidak, uang sangat berperan disini. Pastikan kamu tau mata uang negara tujuan. Ini wajib ya. Nah, kalo udah tau duit apa yang dipake di negara tujuan ( kebanyakan sih kertas :3 )  segera pergi ke money changer terdekat. Tuker uang sesuai mata uang negara tersebut. Selain duit, pastikan kita bawa cukup baju. Jangan seperti saya kemarin, cuma bawa beberapa baju dan satu celana panjang (itu pun celana yang lagi dipake :3), padahal 3 tahun lamanya saya tinggal di Liberia (Macam orang pergi kemping saja kau!!? wkwk..) Tau sendiri lahh,, akhirnya tuh celana satu2nya dipake terus selama sebulan :v  Tenang, tiap hari Minggu, kalo enggak lupa pasti dicuci kok, keesokan harinya dipake lagi walaupun belum kering. Hore :D
Yang harus kita siapkan selanjutnya adalah dokumen2 seperti passpor, visa dll. Pastikan barang2 ini ga ketinggalan/hilang. Kalo ketinggalan/hilang saat kita masih di rumah sih gpp, paling cuman bikin lagi aja :v Tapi kalo ilangnya waktu kita udah di negri orang ? Wah, ga bisa balik kita.

2. Simcard 

Nah, setelah kita sampai di negri tujuan, segera beli Simcard yang valid di negara tersebut. Soalnya kalo masih pake kartu Indonesia ntar ada huruf R'nya. Itu artimya Simcard kita dalam keadaan Rusak.... ngawur!! Roaming maksudnya. Di Roaming mode, kita tetep bisa nerima SMS, tapi ga bisa ngirim, kalaupun bisa pasti mahal. Mungkin gitu sih, saya juga kurang tau soalnya ga pernah SMSan dlm Roaming mode. Ga enak kan ? Makannya beli simcard yang valid.


3. Alat Kebutuhan Sehari2

Sebenernya untuk alat2 kebutuhan pasti beda2 tiap orang. Tergantung dengan tujuan. Bisa jadi kita ke luar negri untuk sekolah, mungkin untuk kerja atau mungkin untuk menetap disana. Tiap orang2 ini pasti kebutuhannya beda2. Makanya saya sebutkan beberapa alat yang umum digunakan saja
Kalo menurut pengalaman saya yang masih cetek ini sih Rice Cooker, peralatan masak, peralatan mandi, itu udah cukup. Emang sih itu berarti kita harus membelanjakan banyak duit, tapi kan cuma di awal, ntar kita ga akan beli2 itu lagi.
Tips masak nasi pake Rice Cooker (kalo saya sih pake feeling aja :3 )

4. Masak Sendiri

Believe me, masak sendiri jauh lebih hemat daripada beli di luar. Di Liberia sini, kalo saya beli makan di luar harganya rata2 5USD/porsi (jangan ditranslate ke rupiah, ntar ga jadi beli). Sehari makan 3 kali (standardnya :v) , berarti dalam sehari saya menghabiskan 15USD (modar -_-). Padahal kalo beli beras, lauk, sayur dan bumbunya kurang lebih cuma 50USD, dan itu bisa buat seminggu (berasnya bisa sampe 3 minggu). Makanya bro, latihan masak mulai sekarang, cewek bisa masak sih biasa.. tapi kalo cowok bisa masak? kyk ada manis2nya gimana gitu :v Eh tapi kebanyakan koki terkenal kan cowok ya? entahlah :3 Saya sendiri selama 3 bulan di sini udah tambah jago masak loh. Kemarin masak mie instan, tadi pagi masak telor mata sapi, sebelumnya juga pernah bikin french fries sendiri. Keren kan ? udah jago saya mah ...


5. Relasi


Sebagai makhluk sosial, kita pasti membutuhkan orang lain. Apalagi kalo kita lagi di daerah asing, kita harus segera cari pacar teman sebanyak2nya. Bukan berarti kita harus berteman dengan semua orang ya, pilihlah teman yang baik. Saya yakin anda sudah cukup gede untuk pergi keluar negri sendiri, karena itulah saya yakin anda cukup gede untuk membedakan teman yang baik dan yang enggak. Nah, kalo udah punya banyak teman, kita mau ngapa2in jadi gampang. Misalkan cari barang yg murah, tinggal tanya aja sama temen "Bro, beli gula pasir yang murah dimana ya?" "Besok dah gua anterin ke tempat yang murah, ehem.. jgn lupa traktir ya hehehe". Kata yang bergaris bawah adalah salah satu resiko dalam hubungan pertemanan.


6. Koneksi Internet


Ternyata koneksi internet penting juga broh. Fungsi utama sih buat komunikasi sama orang2 di rumah. Menggunakan internet, maka kita bisa lebih berhemat. Kalo nelpon/SMS, pake pulsa 5USD aja 2menit udah habis, nah kalo pake paketan internet 1USD/300Mb kan lebih irit. Bisa buat facebook call, mungkin Skype, Whatsapp, BBM, COC dll. Jelas lebih irit.

Sorry gambarnya ga ketemu :v

Apa lagi ya? Mungkin itu dulu deh, soalnya belum genep 3 bulan di luar negri broh, ntar kalo ada yang baru tinggal update lagi lahh. Sekian.

Bonus :
























(Anda belum beruntung)

2 komentar:

Author mengatakan...
31 Oktober 2015 pukul 03.36

Wehh jan josss tenan masakan mu mas.
udah siap lah itu lomba masak antar RT disana :D

Aries mengatakan...
31 Oktober 2015 pukul 12.19

hwakakak,, itu yg di gambar hasil dari google mas :v

Posting Komentar