I Love Networking

Nama : Aries Sadewa
Umur : 19th (2015)

Bisa dibilang, aku ini orang yang beruntung. Bisa belajar di organisasi IT luar biasa di Indonesia, yaitu ID-Networkers. Dan setelah lulus dari situ langsung isa kerja di luar negri, biaya hidup ditanggung perusahaan, masih dibayar  mahal pula,wkwk. IT-Network/Engineer, itu posisi kerja ku saat ini di salah satu ISP di Afrika. Ada 2 orang IT disini termasuk saya sendiri, tapi begitu sampai saya langsung bisa nyuruh2 IT yang sebelumnya udah ada. Beberapa hari disini, kerjaku sampai saat ini sih cuma duduk di belakang meja, telnet router sana - sini, memastikan semua yang diminta boss OK. Kemarin juga sempet ke customer yang internetnya down yang ternyata point-to-pointnya ga jalan. Gitu doang.. wkwkwk, nice gan :v ...



Tau gak gajiku disini berapa ? 2000US$ gan !! ga tau tuh kalo dibikin rupiah berapa, itung sendiri aja. Yang jelas lumayan lah buat beli krupuk, bisa buat setahun gak habis wkwk. Bukan maksud buat pamer/sombong, aku cuma pengen memotivasi temen2 supaya isa ngikutin jejakku. Aku ini cuman lulusan SMK lohh, belum kuliah, tapi kenapa gajinya bisa segitu? enak kan ? siapa yang ga mau coba? hehehe. Tapi jangan salah, keberuntungan ini tidak datang semata - mata hanya karena kebetulan saja. Semua ada prosesnya. Proses yang panjang dan melelahkan. Nah, proses inilah yang akan saya ceritakan ke temen - temen dengan harapan bisa ngikutin jejak saya..

Maka nikmat Tuhan kamu manakah yang kamu dustakan?

Gimana ceritanya bisa masuk ID-Networkers ?

Oke, buat ngejawab entuh pertanyaan, ane harus cerita asal-usul ane dulu.. Sabar yak..


Waktu itu tahun 2011, baru lulus smp, udah ngebet banget mau sekolah di SMK jurusan TKJ. Kenapa bisa langsung pilih TKJ ? Soalnya aku punya temen sekampung, baru lulus TKJ, dia sering dipanggil ke SMP buat benerin komputer2 di LAB dan ngatur jaringannya. Waktu pelajaran di LAB dia sering memprovokasi saya, "ntar kalo udah lulus masuk TKJ aja  bro, mantap deh pokoknya". Wihh, keren juga pikirku, bisa jago komputer, dan bisa langsung kerja gini. Nah, sejak saat itu saya jadi minat banget masuk TKJ.

Nah, setelah lulus SMP, langsung deh, daftar ke SMK yang ada TKJ nya. Kebetulan di tempatku cuman ada 1 SMK Negri yang ada TKJ nya, aku pun daftar kesitu. Singkat cerita, ternyata aku diterima disitu, tapi ternyata biayanya terlalu mahal buat orang tuaku yang memang kurang mampu. Ampun deh, alamat ga sekolah ini. Sedih banget rasanya. Mana pendaftaran udah pada tutup semua lagi. 
Pernah denger kan, istilah "Habis gelap terbitlah terang" ?? Pernah dng pastinya. Nah, istilah inilah yang paling pas buat keadaanku saat itu. Ternyata, Budeku punya kenalan orang semarang yang tahu kalau ada sekolah swasta yang masih buka pendaftaran, dan ada jurusan TKJ nya. Dan ternyata di situ biayankya jauh lebih murah. Sudah kuputuskan, aku akan sekolah disitu. Agak jauh dari rumah memang, (melewati 1 kota). Tapi itu bukan masalah buatku, tinggal cari kos di daerah deket sekolah aja. Beres dah.


SMK Muhammadiyah 2 Semarang, itulah nama sekolahku. Dari sinilah semuanya berawal. Di tempat inilah perjalananku dimulai. Kurang lebih, beginilah keadaan sekolahku (btw, dulu warnanya biru loh padahal)



Setelah sekolah di sini, aku sadar akan beberapa hal :
1. Sekolah Swasta belum tentu kalah prestasinya dibandingkan dengan negri. Ini terbukti saat  lomba,sekolahku bisa mengimbangi prestasi dari SMK negri. Menurutku, semua tergantung dari ketulusan gurunya untuk memajukan murid2nya. Bukan sekedar mengisi daftar hadir, dan ngajar hanya karena rutinitas sehari2 untuk mengejar gaji. Di sekolahku banyak guru yang tulus ngajar biar muridnya maju. Inilah yang membuatku merasa beruntung.
2. Di sekolah swasta semuanya serba duit, wkwkwk. Ini dia salah satu kendalanya. Kalau di negri, LKS pasti dibagikan ke semua siswa, masalah bayar belakangan. Tapi kalo di swasta, "ga ada duit ga ada buku". Prinsip inilah yang menyebabkan aku ketinggalan ngerjain tugas. (padahal emang dasarnya males) wkwk.
3. Persatuan Indonesia.
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan ..... eh kok malah jadi pancasila.. yah pokoknya banyak dehh,, ntar kalo diceritain semua malah jadi OOT (out of topic) lagi..

By the way, karena orang tuaku ga mampu bayarin sekolah sekaligus biaya kos, akhirnya aku tinggal di sekolah, tidur di LAB komputer. Itu berlangsung sejak kelas 1 semester 2 sampai aku lulus. Aku juga sempat kerja part-time di akhir kelas 2 sampai sebelum ujian. Lumayan lahh, bisa meringankan beban orang tua. Waktu itu aku kerja sebagai teknisi service PC, laptop dan printer.

Terus, gimana bisa kenal sama ID-Networkers ?

Sabar sek lahh,, semua ada prosesnya..

Nah, kalo ga salah, waktu kelas 3 semester 1 (kalo ga salah loh ya..) salah satu guruku yang sekaligus beliau ini Kepala jurusan TKJ, Pak Noho Riando Jusmar, mengikuti training guru IDN (ID-Networkers). Namun karena ada halangan, beliau harus pulang dan belum sempet ngikutin materi training penuh. Sebagai gantinya, beliau ikut lagi di training selanjutnya. Waktu itu tempatnya ada di rumah Pak Dedi Gunawan di Cileungsi. Yang ngisi training adalah anak pesantren IDN, yang nantinya mereka ini juga yang ngajarin aku di pesantren. Tentunya, beliau - beliau ini udah pada master semua. Nah, sepulang dari Cileungsi, Pak Rian membawa Switcht Cisco ke sekolah dan aku yang juru kunci (kuncen) di LAB disuruh ngoprek tuh perangkat. "Lahhh.. apaan nih, bisa dimakan aja kagak.. bikin pusing aja". Kurang lebih gitu deh yang ada di benakku saat  itu :v

Jujur saja, aku ga tau sama sekali apa itu Cisco, makanan dari mana, asin apa manis.. semuanya bener - bener dari NOL. Aku cuman ngikutin apa yang ada di buku panduan tanpa mengerti maskudnya. Hmm,, gak banget. Ga minat, bikin pusing. Wkwkwk, itulah kesan pertamaku terhadap Cisco. NOL BESAR. Yahh, mungkin karena masih asing, gimana enggak ? baru pertama itu lihat?
Kek gini nih penampakannya ..

Jangan seneng dulu gan, penderitaan belum selesai sampai di sini saja huhuhu.. Gak lama setelah pulang dari training guru IDN itu juga, Pak Rian yang merupakan KPK jurusan TKJ dengan "semena-mena" mengubah materi Ujian Praktik yang tadinya Debian, menjadi Mikrotik.
Kenapa ini jadi bencana ? Iyalah, orang sini udah capek - capek belajar Debian, udah hafal semua syntaxnya.. udah santai - santai, udah yakin lulus, eh malah diganti mikrotik, kan woooww banget. Berarti aku harus ngulangin belajar mikrotik, kembali dari nol lagi dong,,, hm, ngeselin. Semua ini gara2 training di IDN. Coba kalo Pak Rian ga training di situ ? Hmm.. Padahal, justru dari belajar Mikrotik inilah aku bisa sampe Liberia dengan gaji yang lumayan hehehe....

Okelah, karena terpaksa, mau ga mau aku mulai belajar tentang mikrotik. Disinilah aku pertama kali mengenal Mikrotik. Waktu itu anak2 kelas 3 yang pada mau ujian praktik belajar Mikrotik bareng tiap pulang sekolah, menggunakan RouterOS.
Setelah beberapa hari belajar, ternyata mikrotik itu ga sulit sama sekali, It's easy man !! :D Yah, semua tergantung dari niat belajarnya juga sih. 
Nah, setelah semua perjalanan yang melelahkan ini, alhamdulillah di sekolah aku jadi lulusan dengan nilai akademik terbaik hehehe...

Kapan nih cerita tentang IDN nya ? 

Sekarang...

Skip.. Setelah lulus, ada perekrutan tenaga kerja otomotif di sekolahku. Emang sih, sekolahku ini udah kerja sama dengan industri otomotif. Disuruh Pak Puji aku daftar kesitu. Yah, iseng - iseng aja aku ikut daftar. Ikut macem - macem tes lah, dan tanpa diduga, ternyata aku lolos :D . Tinggal tes kesehatan doang yang aku yakin pasti lolos disitu, kenapa bisa yakin ? Soalnya I'm not a smoker!!
Nah, di saat yang genting seperti itu, ada info dari Pak Rian kalo IDN buka pendaftaran buat siswa SMK yang baru lulus. "Pesantren Networkers" namanya. Wihh, gila aja siapa yang ga mau masuk ke situ.. jelas, setelah denger kabar itu, peluangku buat masuk ke otomotif langsung kucampakkan :v
Yah, emang aku ga mudeng mesin,,, ngapain masuk ke situ.. ntar malah  madesu lagi hehe..

Okelah, mulai nyari tau info tentang Pesantren Networkers ini. Ternyata pendaftarannya waktu itu simple, ga sesusah sekarang, cuma kirim CV, nyeritain prestasi sama keadaan keluarga. Setelah kirim, beberapa hari kemudian dipanggil. Yang manggil ga lain dan ga bukan adalah seniorku di pesantren dan sekarang jadi "The youngest Trainer oh Mikrotik" , kalo udah denger istilah itu, udah ga asing lagi, semua juga tau, dialah Master Oky Tria Saputra. Dengan suaranya yang khas, dia nelpon aku supaya tgl 28 mei 2014 berangkat ke IDN. Wuihh, seneng banget rasanya ..

Skip lagi... Akhirnya di hari H jam setengah 9 pagi aku sampai di IDN. Waktu pertama sampai situ, orang yang pertama kali kulihat adalah seorang ibuk2 yang lagi bersih2 di IDN. Dia adalah Mpok Saidah, Aku lupa apa yang aku tanyakan sama dia dulu, yang jelas dia nyuruh supaya aku balik lagi kesitu jam 10. Wuihh,, kampret, dia ga tau pengorbanan ane melewati macet dan muter2 jakarta karena ga tau jalan. Pas udah sampe, eh malah disuruh balik.. wkwk, kesel banget dah waktu itu. Yaudah aku nugguin di halaman aja daripada ntar ga bisa balik kesitu lagi. Lagi bete2nya nungguin, ada mbak2 yang memarkirkan motornya di halaman, terus dia nanya, ........ hmm,, entahlah, aku lupa. Intinya aku dipersilakan masuk sama mbak itu. Mbak Deni namanya, dia adalah admin di IDN. Setelah memperkenalkan diri, Mbak Deni nelpon seseorang, dan nyuruh orang itu jemput aku.

Gak lama kemudian datanglah seorang insan muda yang tadi di telpom Mbak Deni. Sadvika Alam namanya, aku manggilnya Mas Alam. Ternyata dia adalah anak Pesantren Networkers juga, udah 5 bulan beliau ikut di Pesantren. Dia ngajak aku ke kontrakan yang ga letaknya ga jauh dai IDN. Sesampainya di kontrakan itu, ternyata udah di dalamnya rame juga.. Masih pada tidur, mungkin karena terlalu lelah setelah mengerjakan tugas bikin buku CCIE dari Pak Dedi. Mereka adalah orang2 yang sekarang udah pada "jadi" di dunia Networking. Mereka adalah Mas Oky Tria Saputra, Mas Arie Krisnanto, Mas Farhan dan  MAs Randy Mukti.

Ada 4 orang anggota baru di Pesantren Networkers termasuk aku. Mereka adalah Abu Bakar Sidiq, Asif Maulana dan.. dan.. dan aku lupa namanya wkwk.. ampunn dah, sama temen sendiri lupa :D
Maklum, temenku ini dia baru sempet ikut kegiatan Pesantren beberapa hari udah disuruh pulang sama orang tuanya, denger2 sih disuruh kuliah.

Gimana kegiatan di Pesantren Networkers?


Nah, waktu itu, walaupun yang masuk cuma 3 orang (karena yang satu udah pulang duluan), ternyata masih ada tahap seleksi. Jadi kita belajar tentang Cisco dan Mikrotik selama 2 minggu di Pesantren. Kemudian kita disuruh balik buat ngajari adek kelas di sekolah. Yang kita ajarkana dalah apa yang kita pelajari di IDN selama 2 minggu tersebut. Kalo ga percaya nih hasil dokumentasiku dulu..


Yah gitu deh pokoknya..elek yo? :v Dan setelah ngirim video ini, hasilnya adalah sebagai berikut :
#nomor hp sengaja ga disensor karena emang udah ga aktip :v



Wuihh, seneng banget rasanya bisa lolos. Terus kenapa cuma aku saja yang lolos? kenapa yang lain enggak ? Ternyata, 2 temenku yang lain, mereka ga lolos karena merokok. Yah, sayang sekali padahal mereka itu jago2 lohh, waktu belajar bareng aku sering dikadalin,, eh salah, diajarin maksudnya hehe. Jadi ntar temen2 kalo mau daftar ke Pesantren Networkers jangan merokok ya, bagi yang udah merokok supaya di rem merokoknya. Ga ada jeleknya kan kalo berhenti merokok ? :)

Setelah dapet kabar itu, segeralah aku berangkat ke IDN. Berangkat cepet2 bukan karena ngebet pengen belajar, tapi karena kemarin sepatu masih ketinggalan di sono, takut ilang ntar wkwkwk....
Bersamaan dengan masuknya diriku ke pesantren network ini, maka dimulailah cobaan hidupku :O. Hah? Cobaan hidup gimana ? Nih baca sendiri..

1. Pertama kali masuk, langsung ikut bootcamp CCIE di Bandung.
Suuupeeeerrrr sekali... bayangkan saja, waktu itu bener2 masih NOL tentang cisco dan udah disuruh ikut bootcamp sekelas CCIE. Yu know CCIE ? iyak bener,, level paling expert dari sertifikasi Cisco. Jannn,, yang terjadi waktu itu adalah tangan megangin kepala sambil agak dipijit2 dikit tuh kepala. Pusing bro!! Ada sih beberapa materi yang masuk, tapi ga masuk semua, lebih banyak pusingnya hahaha. Btw, ini screenshootnya bray..

2. Tugas yang extrim dan terus menerus dari Pak Dedi.
Ini dia yang paling bikin stress. Dikasih tugas yang bejibun sama Pak Dedi, dan biasanya deadline nya cepet banget. serasa sesak nafas ini. Contohnya suruh bikin blog minimal 50 judul dalam waktu 7 hari. Yahh, blog inilah yang dulu jadi pelampiasanku buat nyelesein tugas dari atasan,, hehehe.. Terus suruh ngelab buku CCIE, pastikan semua LAB yang di buku udah bener, kalo ada yang salah benerin. Waktu itu ada lebih dari 50 LAB juga, seminggu harus selesai, widihh. Terus waktu itu beli perangkat baru buat wireless, suruh ngoprek sampe bisa dan laporan harus segera dikirim. Wew, luar biasa sekali. Emang semuanya terasa berat saat kita jalani, tapi hasil yang kita dapatkan setelah itu sangat luar biasa. Tanpa aku sadari aku udah nyerap ilmu yang luar biasa keren. Banyak hal baru yang sebelumnya aku belum tau, jadi kenal, yang tadinya kenal jadi hafal, dan yang tadinya hafal jadi paham. Great right ? :D
Ga usah disebutin satu2 kali ya, ntar temen2 coba sendiri aja masuk ke Pesantren dan rasakan sensasinya :D.

Untuk hal yang paling berkesan saat ada di pesantren adalah : Dulu waktu pertama kali masuk di IDN, Pak Dedi nyuruh tulis 100 keinginan dalam 5 tahun kedepan. Sampai saat ini, sejak aku nulis 100 keinginan itu udah 1 tahun setengah. Dan udah banyak keinginan yang tercapai, antara lain :

1. Mendaki salah satu gunung di Indonesia, waktu itu Pak Dedi yang biayain, berangkat ber-lima mendaki G.Gedes ama Ali, Bram, Dayat dan Ridho
Wihh,, foto sama bule dari Swiss...Btw, di foto ini ga adaa Bram karena dia yang ngambil gambarnya :v

2. Kerja di salah satu perusahaan besar di Indonesia. Yahhh, yang ini cuman sebentar sih, cuman sebulan hehehe, Kok bisa? jadi gini ceritanya, setelah 5 bulan belajar di Pesantren, aku dikasih tau ada lowongan pekerjaan sebagai Security Analyst dari Mas Rofiq. Lalu Pak Dedi nyuruh aku segera kirim CV kesitu. Nah, setelah beberapa hari, ternyata aku dipanggil buat interview dan akhirnya diterima kerja disitu. Namun, setelah 2 minggu kerja disitu ternyata ada panggilan dari bos besar yang ga lain dan ga bukan adalah Pak Dedi. Beliau bilang di IDN kekurangan trainer soalnya trainernya lagi pada ngerjain proyek di luar, aku disuruh jadi trainer di IDN. Okelah, tanpa pikir panjang aku jelas milih IDN karena disitu aku bisa lebih memperdalam ilmu networkingku. Setelah Gaji pertama/tepat 1 bulan kerja, aku resign dan langsung masuk ke IDN. Di IDN aku jadi Trainer CCNA. Minggu kemarin pun aku masih ngajar, sebelum aku berangkat ke Afrika ini.

3. Kerja di luar negri. Yah, ga kebayang keinginan ini bisa terwujud. Sebelum aku kerja di Afrika ini, aku udah pernah ngerjain proyek wireless di Malaysia. Banyak pengalaman yang aku peroleh dari situ. Sebenernnya waktu ngerjain proyek di Malaysia ini, lebih pantas dibilang liburan daripada kerja, hehe. Kenapa? Soalnya kerjaku keliling2 pulau wisata "Langkawi" namanya, dan kerjaku enteng banget, tinggal ngonfig ini ngonfig itu, selesai. Ga perlu ribet2 nginstall kabel lah, manjat antena lah.. semua udah ada bagian masing2. Hmm, lumayan, liburan dapet duit wkwkwk.
Nah, sekarang aku kerja di salah satu ISP Afrika sebagai Engineernya. Kerjanya kurang lebih sama sih kyk di Malaysia dulu, bedanya disini harus siap ada panggilan kapanpun huhu. Kyk kemarin, jam 11 malem lagi enak2 tidur tau2 dipanggil bos suruh ngurusin Client bikin jaringan baru.. Kan ga enak banget waktunya, udah PeWe gitulohh.. yaudah gpp lah, yang penting gaji tetep 2000US$ hehehe.

Dan pokoknya masih banyak yang lain lagi gan !! :D

Jadi apa nih pesen buat temen2 yang lain?

Hmm,,, buat temen2 yang mungkin sekarang masih sekolah, di SMK,, disini saya lebih menjurus ke jurusan TKJ karena saya sendiri juga dari TKJ. Siapa bilang sih lulusan TKJ ga dibutuhkan di dunia industri? Siapa bilang sih lulusan TKJ ntar kalo kerja gajinya kecil? Lulusan TKJ paling jadi tukang servis komputer ato mentok di warnet? Kalo ada orang yang bilang gitu, abaikan saja. Itu bisa bikin mental kita down. Lihatlah saya ini, saya juga cuma lulusan TKJ. Tapi bisa kerja sampe keluar negri, ga tanggung2 sampe ke Afrika malah. Gajiku disini juga lumayan. Bukan cuma saya, udah banyak kok anak2 lulusan TKJ yang sekarang udah jadi orang sukses. Saya aja bisa, kenapa anda tidak??

Apalagi sekarang di sekolah udah ada materi Cisco dan Mikrotik bukan? Sekarang semuanya udah lebih enak. 2 tahun lalu belum ada materi2 ini di sekolahku. Makanya, jangan sia2kan kesempatan emas seperti ini, maksimalkan apa yang kalian terima dari sekolah. Semangat belajarnya, kalo perlu tuh guru2 dikepo'in aja sampe ga bisa jawab hahaha. Tentu kalo tanya tentang materi, jangan tanya yang lain, misalkan "Pak, punya anak cewek ga? umurnya berapa sekarang, aku masih jomblo nih pak?" wkwk, Lah kok malah promosi :v Intinya, jangan males ya gan, semangat belajarnya. Semakin banyak ilmu kita maka akan semakin tinggi pula derajat kita, iya ga?

Oke mungkin itu saja sih yang bisa kubagikan ke temen2.. sayang sekali belum ada foto2 waktu aku di afrika, hehe.. ntar lahh, gampang. Buat bonus, ini ada beberapa foto tentang perjalananku..

1. Temen2 sekelas XII TKJ2 SMK Muhammadiyah 2 Semarang


2. Temen2 kerja waktu masih kerja part-time di Prof Ink


3. IDN Staff


4. Beberapa momen saat di IDN




I Love Networking. That's all thank you....

17 komentar:

Rizki Programmer Muslim mengatakan...
12 Agustus 2015 pukul 10.33

Mantap Mas (Y)
Semoga berkah ya . Aamiin

PUTU ASTAWAN mengatakan...
12 Agustus 2015 pukul 11.21

sukses terus

https://www.hidayat.id/ mengatakan...
28 Agustus 2015 pukul 09.51

Super Sekali ....


3. Persatuan Indonesia.
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan .....
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

ane terusin mas, nanggung tinggal satu :v :v :v

Taufik mengatakan...
30 Agustus 2015 pukul 01.02

jos....

Unknown mengatakan...
4 September 2015 pukul 09.15

terus berkarya mas,... salute....

Unknown mengatakan...
14 September 2015 pukul 03.18

mantap jehh... iri aku karo koe

Aries mengatakan...
28 September 2015 pukul 17.00

Makasih yo mas2ee.. sorry aku ga terlalu peka karo komen2e kekeke :v

teguh.wb mengatakan...
5 Oktober 2015 pukul 04.25

wuih mantap mas Aris, sekarang udah jauh yaa..

Road To Networking mengatakan...
30 Oktober 2015 pukul 09.07

joss

Road To Networking mengatakan...
30 Oktober 2015 pukul 09.07

mantap lah

Unknown mengatakan...
7 Maret 2016 pukul 13.15

Waw CERITA nya menarik sekali mas, di jadiin aja Buku tuh mas, haha :V Salam dari Blognya "Pcunik Pengalaman Cerita Unik" www.pcunik.blogspot.com


Salam ya Doain juga, biar Saya SUKSES di TKJ.

Saya Baru kelas 1 SMK Muhammadiyah 2 Kuningan .Ngambil jrusan TKJ ,Jaringannya masih belajar di Cara Konfigurasi AP ..

Aries mengatakan...
8 Maret 2016 pukul 22.14

Waalaikumsalam. Cool bro!! Go on and goodluck your way^^!

Adit mengatakan...
22 Agustus 2016 pukul 09.16

selamat ya mas aries, kalau boleh tau informasi mengenai plowongan kerja di afrikanya dapat dari mana ya? dan cara apply nya gimana? jadi penasaran nih pengen kerja diluar negeri juga

Unknown mengatakan...
26 Oktober 2016 pukul 13.09

Semoga ilmunya amanah.
ceritnya sangat menginspirasi.
Menginspirasi saya yang tertarik di Networking tapi selalu di down kan dengan "Gender" hiks hiks

deamon mengatakan...
4 Mei 2017 pukul 07.20

mantap... memotivasi saya kembali yang udah 10thn kerja dari usia 21thn... lanjutkan CCIE-CCDE (y)

Unknown mengatakan...
25 Juli 2017 pukul 06.49

semoga allah memberikan yang lebih baik lagi mas...

Abu Shalih mengatakan...
14 November 2019 pukul 23.07

Barakallah, semoga Allah berkahi ilmu, amal dan mal (hartanya0 nya

Posting Komentar