TextArea HTML

Halo kawan2 semua, pie kabare? jek enak jamanku tho? Muahaha sorry TS lagi rada2 eror :D Agak OOT, tutorial kali ini bukan tentang lab/teori networking, tapi tentang Text Area di blog. So, bagi temen2 yang mau mendokumentasikan lab2nya di blog, bisa pake fitur ini supaya blognya kelihatan lebih rapi (enggak kyk punya saya yang acakadul) dan kelihatan seperti live from putty application. Emejing lah pokok.e :D

Let's start.
Untuk TextArea ini, bisa kita gunakan sesuai kebutuhan. Di sini karena saya sering posting tentang command line, ya saya akan edit supaya tampilannya agak2 mirip gitu. Untuk warna, font, size dll bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing2.

Ok, this is my html script untuk textarea nya, saya bikin biar keliatan kyk putty/program console yang lain yang mana by default warna backgroundnya item dan font color nya putih.




Copy code tersebut, hapus tanda (*) dan hasilnya adalah sebagai berikut :



Lah kok hasilnya beda ya ? wkwk pokoknya gitu lah, harus terima !! :D

Eh tapii, itu narohnya dimananya kakak ? Waktu kita nulis blog, itu kan posisi ada di Compose (coba lihat sebelah kiri atas) nah disampingnya itu HTML, klik disitu. Ini screenshootnya
Nah abis masuk ke HTML baru dah masukin code nya
Wah, htmlku jadi kelihatan kan. Ini malah beda lagi wkwkk. Sebenernya kalo mau background white mah ga perlu dikasih code aja udah otomatis dia :v

Disitu ada beberapa istilah seperti "cols" dan "rows" ... "Cols" itu jumlah kolom/karakter yang akan di tampilkan secara horizontal (kanan-kiri). Jadi kalo saya isi cols="60" itu artinya panjang dari text areanya mencakup 60 karakter secara horizontal. Sedangkan "rows" itu menentukan jumlah baris secara vertikal (atas-bawah) Paham kan ? Nah karena theme dari blog tiap orang kan beda2, mungkin ada yang butuh ukuran lebuh besar/kecil ? tinggal disesuaikan sesuai kebutuhan dan ukuran masing2.

Tak akui wes, walaupun belum nyoba, ini akan sangat membantu dalam bikin blog tentang lab2 in the future.  Soale kalo mau tau ya, jujur dulu agak ribet pas mbedain font mana yang buat command2 dan mana yang bukan command.

Yoo kurang lebih gitu lah, kalo pengen font yang lain, monggo tanya sama mbah google, ada bejibun tutorial di sono. (Aries-Red)

0 komentar:

Posting Komentar